Sabtu, 10 Februari 2018

ASKEP PADA PASIEN KUSTA

A. Pengertian
Kusta merupakan penyakit infeksi yang kronik, dan penyebabnya ialahMycobacterium Leprae yang bersifat intraselular obligat. (Kosasih dan Sri Linuwih 2010).

Saraf parifer sebagai afinitas pertama, lalu kulit dan ukosa traktus respiratorius bagian atas, kemudian dapat keorgan lain kecuali susunan saraf pusat. (Amin dan Hardhi 2013).

Penyakit kusta adalah salah satu penyakit menular yang masih merupakan Masalah yang sangat kompleks.masalah yang ada bukan saja dari segi medisnya ,tetapi juga masalah sosial ,ekonomi,budaya ,serta keamanan dan ketahanan nasional. (Widoyono. 2011). Kusta (lepra atau morbus Hansen) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh infeksi mycobacterium leprae (M. Leprae). (Mansjoer, Arif. Dkk. 2000)


B. Etiologi
Kuman penyebab adalah Myicobacterium leprae  yang ditemukan oleh G.A. HANSEN pada tahun 1874 di Nerwegia, yang sampe sekarang belum juga dapat dibiakan dalam media artifisial. M. Leprae  berbentuk kuman dengan ukuran 3 – 8 µm x 0,5 µm, tahan asam dan alkohol serta positif-Gram. (Kosasih dan Sri Linuwih 2010.)

1. Kusta tampil dalam dua jenis bentuk klinis utama, yaitu kusta bentuk kering atau tuberkuloid, dan kusta bentuk basah, disebut juga kusta lepromatosa. Bentuk ketiga yaitu bentuk peralihan (borederline). (Amin dan Hardhi 2013).

2. Kusta merupakan penyakit infeksi yang kronik, dan penyebabnya ialahMycobacterium Leprae yang bersifat intraselular obligat. (Kosasih dan Sri Linuwih 2010).

3. Saraf parifer sebagai afinitas pertama, lalu kulit dan ukosa traktus respiratorius bagian atas, kemudian dapat keorgan lain kecuali susunan saraf pusat. (Amin dan Hardhi 2013).

4. Penyakit kusta adalah salah satu penyakit menular yang masih merupakan Masalah yang sangat kompleks.masalah yang ada bukan saja dari segi medisnya ,tetapi juga masalah sosial ,ekonomi,budaya ,serta keamanan dan ketahanan nasional. (Widoyono. 2011). Kusta (lepra atau morbus Hansen) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh infeksi mycobacterium leprae (M. Leprae). (Mansjoer, Arif. Dkk. 2000)


C. Patofisiologi

M. Leprae adalah organisme tahan asam intrasel yang sangat sulit tumbuh dalam biakan, tetapi dapat ditumbuhkan dalam almadilo (trenggileng), kuman ini tumbuh lebih lambat dari pada mikobakterium lain dan tumbuh paling subur pada suhu 320C sampai 340C, yakni suhu kulit manusia dan suhu tubuh inti armadilo, seperti M. Tuberkulosis M. Leprae tidak mengeluarkan toksin, dan virulensinya didasarkan pada sifat dinding selnya. Dinding selnya cukup mirip dengan dinding M. Tuberkulosis sehingga imunisasi dengan basil Calnette – guerin sedikit banyak memberi perlindungan terhadap infeksi M. Leprae. Imunitas seluler tercermin oleh reaksi hipersensitivitas tipe lambat terhadap penyuntikan ekstrak bakteri yang disebut lepromin kedalam dermis.

Pada sebagian kasus, terbentuk antibodi terhadap respon antigen M. Leprae. Antibodi ini biasanya tidak bersifat protektif, tetapi dapat membentuk kompleks imun  dengan gen antigen bebas yang dapat menyebabkan eritema nodosem, vaskulitis dan glomerulonefritis. (Robbins dan Cotran. 2009).

Kusta tuberkuloid berawal dari lesi lokal yang mula – mula datar dan merah, tetapi kemudian membesar dan membentuk ireguler disertai indurasi, peninggian, tepi hiperpigmentasi dan bagian tengah yang pucat dan cekung (penyembuhan disentral). Kelainan saraf mendominasi gambaran kusta tuberkuloid. Saraf terbungkus oleh reaksi peradangan granulomatosa dan, jika cukup kecil (misalnya cabang perifer), akan mengalami kerusakan. Degenerasi saraf menyebabkan anastesi kulit serta  atrofi kulit dan otot menyebabkan pasien mudah mengalami trauma di bagian yang terkena, disertai kulit pembentukan ulkus kulit indolen. Dapat terjadi kontraktur, paralisis dan autoamputasi jari tangan atau kaki. Kelainan saraf wajah dapat menyebabkan paralisis kelopak mata, disertai keratitis dan ulkus kornea. Pada pemeriksaan mikroskopik, semua lesi memperlihatkan lesi granulotoma mirip dengan lesi yang ditemukan pada tuberkulosis, dan basil hampir tidak pernah ditemukan. Adanya granuloma dan ketiadaan bakteri mencerminkan imunitas sel T yang kuat. Karena kusta memperlihatkan perjalanan penyakit yang sangat lambat, hingga berpuluh – puluh tahun, sebagian besar pasien meninggal bersama kusta dan bukan disebabkan olehnya.

Kusta lepramatosa mengenai kulit, saraf perifer, kamera anterior mata, saluran napas atas (hingga laring), testis, tangan dan kaki. Organ vital dan susunan saraf pusat jarang terkena, mungkin karena suhu inti tubuh terlalu tinggi untuk tumbuhnya M.leprae. lesi lepramatosa mengandung agregat magrofat penuh lemak (sel kusta), yang sering terisi oleh masa basil tahan asam. Kegagalan menahan infeksi membentuk granuloma memcerminkan rendahnya respon TH1. Terbentuk lesi makuler, papular, noduler diwajah, telingga, pergelangan tangan, siku dan lutut. Seiring dengan perkembangan penyakit, lesi nodular menyatu untuk menimbulkan fasies leonina (“muka singa”) yang khas.sebagian besar lesi kulit hipoestetik atau anestetik. Lesi dihidung dapat menyebabkan peradangan persisten dan pembentukan duh yang penuh basil. Saraf perifer, terutama nervus ulnaris dan pereneus dibagian yang dekat kulit, diserang mikobakteri disertai reaksi peradangan minimal. Hilangnya sensibilitas dan kelainan – kelainan trofik ditangan dan kaki mengikuti lesi saraf. Kelenjar limfe memperlihatkan agregat magrofag berbusa didaerah parakorteks (sel T), disertai pembesaran sentrum germinativum, pada penyakit tahap lanjut, agregat magrofag juga terbentuk di pulpa merah limpa dan hati. Testis biasanya banyak  mengandung basil, disertai dektruksi tubulus seminiferus dan sterilitas. (Robbins dan Cotran. 2009). (blog aljazuli)

D. Pathways Keperawatan

UNTUK BACA SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK DOWNLOAD
CARI ASKEP LAIN