Selasa, 02 Januari 2018

FUNGSI KASDIOVASKULER

Kata kardiovaskuler berasal dari kata Yunani yang berarti "jantung" dan vasculum kata latin yang berarti "pembuluh kecil". Dalam sistem yang kompleks ini, jantung bertindak sebagai pompa, memaksa darah untuk bergerak melalui tubuh dengan reaksi sehingga lebih banyak darah masuk ketiap ruangan-ruangannya. Mayoritas darah terdiri dari plasma, cairan berair penuh dengan protein. Kurang dari setengahnya darah terdiri dari trombosit dan sel darah merah dan putih. Trombosit membantu darah untuk membeku jika seorang menderita luka atau pendarahan.


Jantung letaknya dialam rongga dada yang dilindingi oleh rongga mediastium. Berat jantung mantisia berkisar 255 gram untuk laki-laki dan 340 gram untuk perempuan. Jantung pada manusia memiliki empat ruang, yangterdiri dari dua serambi (atriuni) yaiut serambi kanan dan serambi kiri dan dua bilik (ventrikel) yaitu bilik kanan dan bilik kiri.

Fungsi serambi merupakan tempat masuknya darah dari pembuluh balik (vena). Katup yang menghubungkan antara serambi kanan dan serambi kiri disebut katup vulvula bikuspidalis yang terletak pada jetus.

Fungsi bilik ialah untuk memompa darah dari jantung. katup yang menghubungkan antara bilik kanan dan bilik kiri disebut valvula trikuspidalis. Katup-katup tersebut diperkuat oleh korda tendinae. 

Fungsi katup-katup tersebut ialah untuk menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke serambi. katup yang terdapat pada pangkal aorta dan pangkal arteri pulmonalis (pembuluh nadi paru-paru) disebut valvula serndunaris yangberbentuk bualn sabit. Katup ini berfungsi untuk menjaga agr darah tidak kembali ke jantun.

Detak jantung pada manusia beredetak sekitar 100.000 kali/hari, dan diatur oleh peacmaker. Peacmaker/pacu jantung terketak pada serambi kanan, dan bertugas mengirimkan informasi elektrik keotot jantung untuk berkontraksi. Selain memberikan informasi ke jantung, peacmaker menerima informasi dari otak. TIfa lapisan yang menyusun jantung ialah sebagai berikut :
  1. Perikardium : ialah lapisan terluar jantung yang merupakan membran yang membungkus jantung. Didalamnya berisi cairan pericardium. Cairan ini berfungsi untuk menggesekan saat berdenyut.
  2. Miokardium : ialah lapisan otot jantung yang berfungsi untuk berkontraksi jantung berdetak selamanya.
  3. Endokardium : ialah lapisan dalam yang berupa selaput yang membatasi ruang jantung.
ASUHAK KEPERAWATAN PADA PASIEN HIPERTENSI DOWNLOAD
CARI ASKEP LAIN